Sabtu, 17 Maret 2012

tujuan pendidikan islam

BAB I
PENDAHULUAN
Pendidikan memegang peran yang menentukan terhadap eksistensi dan perkembangan masyarakat, karena pendidikan merupakan usaha untuk mentransfer dan mentransformasikan pengetahuan serta menginternalisasikan nilai-nilai kebudayaan dalam segala aspek dan jenisnya kepada generasi penerus. Demikian pula peran pendidikan Islam di kalangan umat Islam merupakan salah satu bentuk manifestasi dari cita-cita hidup Islam untuk melestarikan, mentransformasikan, dan menginternalisasikan nilai-nilai Islam tersebut kepada generasi penerusnya, sehingga nilai kultur religius yang dicita-citakan dapat tetap berfungsi dan berkembang dalam masyarakat dari waktu ke waktu. 
Pada pendidikan Islam seperti pada pendidikan umumnya, berusaha membentuk pribadi manusia harus melalui proses yang panjang, dengan hasil yang tidak dapat diketahui dengan segera. Berbeda dengan membentuk benda mati yang dapat dilakukan sesuai dengan keinginan pembentuknya. Oleh karena itu dalam pembentukan tersebut diperlukan suatu perhitungan yang matang dan hati-hati berdasarkan pandangan dan rumusan-rumusan yang jelas, tepat, dan akurat. 
Terkait dengan hal tersebut pendidikan Islam harus memahami dan menyadari betul apa sebenarnya yang ingin dicapai dalam proses pendidikan. Sesuatu yang akan dicapai tersebut dalam istilah pendidikan disebut dengan “Tujuan Pendidikan”. 
Tujuan pendidikan merupakan masalah sentral dalam pendidikan . sebab, tanpa perumusan yang jelas tentang tujuan pendidikan, perbuatan menjadi acak- acakan, tanpa arah, bahkan bisa sesat atau salah langkah. Oleh karena itu perumusan tujuan dengan tegas dan jelas, menjadi inti dari seluruh pemikiran pedagogis dan perenungan filsafat. 
Dijelaskan lebih lanjut bahwa tujuan pendidikan itu penting, disebabkan karena secara implisit dan eksplisit di dalamnya terkandung hal hal yang sangat asasi, yaitu pandangan hidup dan filsafat hidup pendidiknya, lembaga penyelenggara pendidikan, dan Negara, di mana pendidikan itu dilaksanakan. 
Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan pendidikan Islam?
2. Apa tugas dan fungsi pendidikan Islam?
3. Apa dasar dan tujuan pendidikan Islam?


BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Pendidikan Islam
Istilah pendidikan dalam konteks Islam pada umumnya mengacu kepada term al-tarbiyah, al-ta’dib dan al-ta’lim. Dari ketiga istilah tersebut term yang popular digunakan dalam praktek pendidikan Islam ialah term al-tarbiyah. sedangkan term al-ta;dib dan al-ta’lim jarang sekali digunakan. Padahal kedua istilah tersebut telah digunakan sejak awal pertumbuhan pendidikan Islam.
1. Al-Tarbiyah 
Al-Tarbiyah secara filosofis mengisyaratkan bahwa proses pendidikan Islam adalah bersumber dari pendidikan yang diberikan Allah sebagai pendidik seluruh ciptaanNya, termasuk manusia. Dalam konteks yang luas, pengertian pendidikan Islam yang dikandung dalam term al-tarbiyah terdiri dari empat unsur pendekatan,yaitu:
a) Memelihara dan menjaga fitrah anak didik menjelang dewasa (tabligh).
b) Mengembangkan seluruh potensi menuju kesempurnaan.
c) Mengarahkan seluruh fitrah menuju kesempurnaan.
d) Melaksanakan pendidikan secara bertahap.
Pengunaan term al-tarbiyah untuk menunjuk makna pendidikan Islam dapat dipahami dengan merujuk firman Allah:
ôÙÏÿ÷z$#ur $yJßgs9 yy$uZy_ ÉeA%!$# z`ÏB ÏpyJôm§9$# @è%ur Éb>§ $yJßg÷Hxqö$# $yJx. 
ÎT$u­/u #ZŽÉó|¹ ÇËÍÈ   
“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".(Q.S. Al-Israa’ [14]:24)
2. Al-Ta’lim
Menurut para ahli, kat ini lebih bersifat universal di banding dengan al-tarbiyah maupun al-ta’dib. Rasyid Ridha, misalnya mengartikan al-ta’lim sebagi proses transmisi berbagai ilmu pengetahuan dan jiwa individu tanpa adanya batasan dan ketentuan tertentu. Argumentasinya didasarkan dengan merujuk pada ayat ini:
!$yJx. $uZù=yör& öNà6Ïù Zwqßu öNà6ZÏiB (#qè=÷Gtƒ öNä3øn=tæ $oYÏG»tƒ#uä ö
Nà6ŠÏj.tãƒur ãNà6ßJÏk=yèãƒur |=»tGÅ3ø9$# spyJò6Ïtø:$#ur Nä3ßJÏk=yèãƒur $¨B 
öNs9 (#qçRqä3s? tbqßJn=÷ès? ÇÊÎÊÈ   
“Sebagaimana (kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al kitab dan Al-Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui.” (Q.S. Al-Baqarah [2]:151)
Menurut Abdul Fattah Jalal, apa yang dilakukan Rasulullah bukan hnya sekedar membuat umat Islam bias membaca, melainkan membawa kaum muslimin kepada nilai pendidikan tazkiyatun an-nafs (penyucian diri) dari segala kotoran, sehingga memungkinkannya menerima al-hikmah serta mempelajari segala yang bermanfaat untuk diketahui. Oleh karena itu makna al-ta’lim tidak hanya terbatas pada pengetahuan yang lahiriyah akan tetapi mencakup pengetahuan teoritis, mengulang secara lisan, pengetahuan dan ketrampilan yang dibituhkan dalam kehidupan, perintah untuk melaksanakan pengetahuan dan pedoman untuk berperilaku.
3. Al-Ta’dib
Menurut al-Attas, istilah yang paling tepat untuk menunjukan pendidika Islam adalah al-ta’dib. Konsep ini didasarkan pada hadits Nabi:
اَدَّبَنِيْ رَبِّي فَاَحْسَنَ تَأْدِيْبِيْ (رواهالعسكريعنعليّ)
“Tuhan telah mendidikku, maka Ia sempurnakan pendidikanku.” (H.R. al-‘Askary dari ‘Ali r.a)
Al-ta’dib berarti pengenalan dan pengakuan yang secara berangsur-angsur ditanamkan dalam diri manusia (peserta didik) tentang tempat-tempat yang tepat dari segala sesuatu didalam tatanan penciptaan. Dengan pendekatan ini, pendidikan akan berfungsi sebagai pembimbing kearah pengenalan dan pengakuan tempat Tuhan yang tepat dalam tatanan wujud dan kepribadiannnya.
B. Tugas dan Fungsi Pendidikan Islam
Secara umum tugas pendidikan Islam adalah membimbing dan mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik dari tahap ke tahap kehidupannya sampai mencapai titik kemampuan optimal. Sementara fungsinya adalah menyediakan fasilitas yang dapat memungkinkan tugas pendidikan berjalan dengan lancar.
Tugas pendidikan Islam setidaknya dapat dilihat dari tiga pendekatan. Ketiga pendekatan tersebut adalah pendidikan Islam sebagai pengembangna potensi, proses pewarisan budaya serta interaksi antara potensi dan budaya.
Sebagai pengembangan potensi, tugas pendidikan Islam adalah menemukan dan mengmbangkan kemampuan dasar yang dimiliki peserta didik, sehingga dapat diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagai pewaris budaya, tugas pendidikan Islam adalah alat tranmisi unsure-unsur pokok budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya, sehingga identitas umat tetap terpelihara dan terjamin dalam tantangan zaman.
Sebagai interaksi antara potensi dan budaya, tugas pendidikan Islam adalah sebagai proses transaksi (member dan mengadopsi) antara manusia dan lingkungannya. 
Dengan proses ini, peserta didik akan dapat menciptakan dan mengembangkan ketrampilan-ketrampilan yang diperlukan untuk mengubah atau memperbaiki kondisi-kondsi kemanusiaan dan lingkungannnya.
Bila dilihat secara operasional, fungsi pendidikan dapat dilihat dari beberapa bentuk, yaitu:
1. Alat untuk memelihara, memperluas dan menghubungkan tingkat-tingkat kebudayaan, nilai-nilai tradisi dan social serta ide-ide masyarakat dan nasional.
2. Alat untuk mengadakan perubahan, inovasi dan perkembangan. Pada garis besarnya, upaya ini dilakukan memalui potensi ilmu pengetahuan dan skill yang dimiliki, serta melatih tenaga-tenaga peserta didik yang produktif dalam menentukan perimbangan perubahan social dan ekonomi yang demikian dinamis.
C. Dasar dan Tujuan Pendidikan Islam
Sebagai aktivitas yang bergerak dalam proses pembinaan kepribadian muslim, maka pendidikan Islam memerlukan asas atau dasar yang dijadikan landasan kerja. Dasar yang terpenting dari pendidikan Islam adalah Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah (hadits).
Sebagai pedoman, al-Qur’an tidak ada keraguan adanya (Q.S. Baqarah[2]:2). Ia tetap terpelihara kesuciannya dan kebenarannnya (Q.S. Ar Ra’d[15]:9), baik dalam pembinaan aspek kehidupan spiritual maupun aspek social budaya dan pendidikan. Demikian pula dengan kebenaran hadits sebagai dasar kedua bagi pendidikan Islam. Secara umum, hadits dipahami sebagi segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi saw, baik berupa perkataan, perbuatan serta ketetapannya. 
Dalam pendidikan Islam, Sunnah Rasul mempunyai dua fungsi yaitu: 
1. Menjelaskan system pendidikan Islam yang terdapat dalam al-Qur’an dan menjelaskan hal-hal yang tidak terdapat didalamnya.
2. Menyimpulkan metode pendidikan dari kehidupan Rasulullah bersama sahabat, perlakuannya terhadap anak-anak dan pendidikan keimanan yang pernah dilakukannnya.
Pendidikan merupakan upaya belajar dengan bantuan orang lain untuk mencapai tujuannya. Maksud tujuan pendidikan/belajar/memperoleh ilmu di sini ialah suatu kondisi tertentu yang dijadikan acuan untuk menentukan keberhasilan belajar pendidikan. Dengan kata lain tujuan pendidikan/belajar dalam arti pendidikan mikro ialah kondisi yang diinginkan setelah individu-individu melakukan kegiatan belajar. Tujuan pendidikan suatu bangsa atau seseorang pada dasarnya bersumbar pada filsafat hidup suatu bangsa itu dan keyakinan dalam beragama. Maka dengan perbedaan filsafat hidup dan kualitas keagamaan antar ahli pendidikan, menjadikan lahirnya perbedaan dalam menetapkan tujuan pendidikan. Secara makro, tentu tujuan pendidikan suatu bangsa akan berbeda dengan tujuan pendidikan bangsa lain, disamping adanya persamaan-persamaan.
Dalam merumuskan tujuan pendidikan Islam, paling tidak ada beberapa hal yang perlu diperhatiakn, yaitu:
1. Tujuan dan tugas manusia di muka bumi, baik secara vertikal maupun horisonal.
2. Sifat-sifat dasar manusia.
3. Tuntuanan masyarakat dan dinamika peradaban kemanusiaan.
4. Dimensi-dimensi kehidupan ideal Islam. Dalam aspek ini setidaknya ada tiga macam dimensi ideal Islam, yaitu:
a. Mengandung nilai yang berupaya meningkatkan kesejahteraan hidup manusia di muka bumi.
b. Mengandung nilai yang mendorong manusia berusaha keras untuk meraih kehidupan yang baik.
c. Mengandung nilai yang dapat memadukan antara kepentingan kehidupan dunia dan akhirat(fi al-dunya hasah wa fi al-akhirat al-hasanah)
Struktur perumusan tujuan pendidikan Islam itu terdiri dari:
1. Tujuan umum yang dikenal pula dengan tujuan akhir
2. Tujuan khusus sebagai penjabaran tujuan umum
3. Tujuan perbidang pembinaan, misalnya tujuan dari pembinaan aspek akal
4. Tujuan setiap bidang studi sesuai dengan bidang-bidang pembinaan tersebut
5. Tujuan setiap pokok bahasan yang terdapat dalam setiap bidang studi
6. Tujuan setiap sub pokok bahasan yang terdapat dalam setiap pokok bahasan
Menurut Muhammad Fadhil al-jamaly, tujuan pendidikan Islam menurut al-Qur’an meliputi:
1. Menjelaskan posisi peserta didik sebagi manusia diantara makhluk Allah lainnya dan tangungjawabnya dalam kehidupan ini.
2. Menjelaskan hubungannya sebagai makhluk social dan tangungjawabnya dalam tatanan kehidupan bermasyarakat.
3. Menjelaskan hubungan manusia dengan alam dan tugasnya untuk mengetahui hikmah penciptaan denan cara memakmurkan alam semesta.
4. Menjelaskan hubungannya dengan khaliq sebagai pencipta alam semesta.
Secara praktis, Muhammad Athiyah al-Abrasyi, menyimpulkan bahwa tujuan pendidikan Islam terdiri atas lima sasaran, yaitu:
1. Membentuk akhlak mulia
2. Mempersiapkan kehidupan dunia dan akhirat
3. Persiapan untuk mencari rizki dan memelihara segi kemanfaatannya
4. Menumbuhkan semangat ilmiah di kalangan peserta didik
5. Mempersiapkan tenaga professional yang terampil
Ada yang merinci tujuan pendidikan dalam bentuk taksonomi (system klasifikasi) yang terutama meliputi:
1. Pembinaan kepribadian (nilai formil)
a. Sikap (attitude)
b. Daya pikir praktis rasional
c. Obyektivitas
d. Loyalitas kepada bangsa dan ideology
e. Sadar nilai-nilai moral agama
2. Pembinaan aspek pengetahuan (nilai meteriil), yaitu materi ilmu itu sendiri.
3. Pembinaan aspek kecakapan, ketrampilan (skill)nilai-nilai praktis.
4. Pembinaan jasmani yang sehat.
Menurut al-Syaibani bahwa ada tiga bidang perubahan yang diinginkan dari tujuan pendidikan yaitu tujuan-tujuan yang bersifat individual, tujuan-tujuan yang bersifat sosial, dan tujuan-tujuan yang bersifat profesional. Baik tujuan-tujuan yang bersifat individual, tujuan-tujuan yang bersifat sosial, dan tujuan-tujuan yang bersifat profesional haruslah atas dasar mencari ridho Allah dan kebahagiaan akhirat. Untuk itulah, nampaknya al-Zarnuji menempatkan mencari ridho Allah dan kebahagiaan akhirat menjadi awal/ sentral dalam pendidikan. Lebih jelasnya dapat dilihat dalam bagan berikut:
Dari bagan di atas, terlihat jelas bahwasannya tujuan pendidikan sebagai penghubung mencari ridho Allah dan kebahagiaan akhirat sebagai nilai sentral yang akan menerangi dan membingkai tujuan pendidikan di bawahnya. Dengan kata lain, bahwa pendidikan islam bertujuan untuk membentuk kepribadian muslim.
Ketentuan mengenai apa yang disebut kepribadian muslim adalah lebih abstrak lagi dari pada kedewasaan rohaniah. Lebih sulit pulalah untuk menentukan bila masanya dan siapa-siapa yang telah mencapai keadaanitu. Sesungguhnya penentuan mengenai hal itu bukanlah wewenang manusia, tetapi merupakan wewenang Allah. Pendidikan adalah usaha untuk mencapai tujuan itu. Pendidikan dapai diusahakan oleh manusia tetapi penilai tertinggi mengenai hasilnya adalah Allah.
Sesungguhya tujuan pendidikan Islam identik dengan tujuan hidup setiap muslim. Apakah itu?
1. Dalam surat Ad-dzariyat: 56
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ
Artinya: “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.”
2. Dalam surat Al-Bayyinah: 5
وَمَا أُمِرُوا إِلا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ
Artinya: “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.”
3. Dalam surat Al-Baqarah: 132
وَوَصَّى بِهَا إِبْرَاهِيمُ بَنِيهِ وَيَعْقُوبُ يَا بَنِيَّ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَى لَكُمُ الدِّينَ فَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
Artinya: “Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Yakub. (Ibrahim berkata): "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam".
4. Dalam surat Ali Imran: 102
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.”
Jelas bahwa tujuan hidup manusia menurut agama Islam ialah : untuk menjadi hamba Allah. Hamba Allah mengandung implikasi kepercayaan dan penyerahan diri kepada-Nya. 
Kongres se-dunia ke II tentang Pendidikan Islam tahun 1980 di Islamabad, meyatakan bahwa:
“Tujuan pendidikan Islam adalah untuk mencapai keseimbangan pertumbuhan kepribagian manusia (peserta didik) secara menyeluruh dan seimbang yang dilakukan melalui latihan jiwa, akal pikiran (intelektual), diri manusia yang rasional; perasaan dan indra. Karena itu, pendidikan hendaknya mencakup pengembangan seluruh aspek fitrah peserta didik; aspek spiritual, intelektual,imajinasi, fisik, ilmiah, dan bahasa, baik secara individual maupun kolektif; dan mendorong semua aspek tersebut berkembang kearah kebaikan dan kesempurnaan. Tujuan terakhir pendidikan muslim terletak pada perwujudan ketundukan yang sempurna kepada Allah, baik secara pribadi, komunitas, maupun selutuh umat manusia.”
Undang-undang republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem pendidikan nasional dalam pasal pasal 3,  menyatakan bahwa:
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”
Undang-undang republik Indonesia Nomor 2 tahun 1989 Tentang Sistem pendidikan nasional dalam pasal pasal 3, menyatakan bahwa:
“Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam rangka upaya mewujudkan tujuan nasional.”


BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Pendidikan menurut pandangan islam lebih dominan kepada pembentukan akhlak, akidah dan iman. Sedangkan secara umum pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan pengembangan kemapuan yang dimiliki. Apabila kedua hal ini digabungkan maka hasil dari pendidikan akan sangat maksimal dan menghasilkan peserta didik yang memiliki intelektual dan akhlak yang mulia.
Dasar pendidikan menurut islam fokus kepada Al-qur’an dan hadist sedang secara umum dasar pendidikan juga lebih menitik beratkan ke dasar religius.
Tujuan Pendidikan baik secara islam dan umum hampir memiliki kesamaan yaitu mendapatkan kesuksesan. Apabila digabungkan maka tujuan pendidikan adalah upaya untuk meraih kesuksesan hidup di dunia dan akherat.


DAFTAR PUSTAKA
Nizar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : Ciputat Press. 2002
Assegaf, Abdurrahman. Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta : SUKA-press. 2007.
Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam 1. Jakarta : Logos Wacana Ilmu. 1997
Al-Jamaliy, Muhammad Faadhil. Tarbiyah al-insan al jadid Tunisia : Al-Syirkah Al-Tunisiyah Littauzi. 1967.
Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta:Bumi Aksara, 1995.
Al-Taumy, Syaibani al-omar Mohammad. Falsafah pendidikan Islam, terj. Hasan lagulung. Bandung : Bulan Bintang. 1979. 
Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung : Al-Ma’arif. 1980.
Kartono, Kartini. Pengantar Ilmu Pendidikan Teoritis. Bandung : Mandar maju. 1992.
Sisdiknas.pdf