Jumat, 16 Maret 2012

manajemen kurikulum

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Proses pendidikan dalam kegiatan pembelajaran atau dalam kelas, akan bisa berjalan dengan lancar, kondusif, interaktif, dan lain sebagainya apabila dilandasi oleh dasar kurikulum yang baik dan benar. Dari tahun ke tahun, kurikulum mengalami perubahan. Kini kurikulum yang digunakan adalah kurikulum tingkat satuan pendidikan.  Karena perkembangan jaman yang semakin global dan filter pun sangat kurang berfungsi maka manajemen kurikulum dapat dilaksanakan lebih baik lagi. Baik buruknya kurikulum menentukan hasil pendidikan. Untuk menghasilkan hasil pendidikan yang baik yaitu sesuai dengan cita-cita bangsa perlu semangat kerja yang tinggi dalam menjalankannya atas kepentingan bersama.
Realitas kurikulum di negara ini dimulai sejak tahun 1968 kemudian berlanjut ke tahun 1975, 1984, 1994, 2004, dan 2006. Hal ini menjadi bukti politik bahwa kurikulum tidak pernah lepas dari cengkeraman kepentingan politik. Sebagaimana tertuang dalam penjelasan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, bahwa salah satu strategi pembangunan pendidikan Nasional adalah pengembangan dan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi.
B. Rumusan Masalah:
1. Apa yang dimaksud manajemen kurikulum?
2. Bagaimana pedoman pelaksanaan kurikulum?
3. Bagaimana segi manajemen dalam pelaksanaan kurikulum?
4. Bagaimana segi manajemen dalam pengawasan atau penilaian?
5. Apa yang dimaksud Kurikulum muatan local?
6. Apa saja yang menjadi kriteria pemilihan mata pelajaran muatan lokal yang akan dikembangkan?


BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN KURIKULUM DAN MANAJEMEN KURIKULUM
Muljani A. Nurhadi menyatakan bahwa manajemen adalah suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelompok manusia yang tergabung dalam organisasi pendidikan, untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya, agar efektif dan efisien.
UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa : “Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Manajemen kurikulum adalah segenap proses usaha bersama untuk memperlancar tercapainya tujuan pengajaran dengan titik berat pada usaha, meningkatkan kualitas interaksi belajar mengajar.
B. PERAN DAN FUNGSI KURIKULUM
Peranan Kurikulum meliputi :
1. Peranan Konservatif yaitu mentransmisikan dan mentafsirkan warisan sosial kepada generasi muda.
2. Peranan Kritis atau evaluasi yaitu berpartisipasi dalam kontrol sosial dan menekankan pada unsur berpikir kritis.
3. Peranan kreatif artinya mencipta dan menyusun sesuatu yang baru sesuai dengan kebutuhan masa sekarang dan masa mendatang dalam masyarakat.
Alexander Inglis, dalam bukunya Principle of Secondary Education (1918), menyatakan bahwa fungsi kurikulum adalah: 
1. Fungsi penyesuaian (the adjustive of adaptive function)
Setiap individu harus mampu menyesuaikan dirinya terhadap lingkungan secara menyeluruh yang senantiasa bersifat dinamis. 
2. Fungsi pengintegrasian (the integrating function)
Maksudnya kurikulum berfungsi mendidik pribadi-pribadi yang terintegrasi dengan lingkungannya.
3. Fungsi deferensiasi(the defferentiating function)
Memberikan pelayanan terhadap perbedaan-perbedaan perorangan dalam masyarakat sehingga menghindari terjadinya stagnasi sosial.
4. Fungsi persiapan(the propaedeutic function)
Mempersiapkan siswa agar mampu melanjutkan studi lebih lanjut untuk suatu jangkauan yang lebih jauh, atau persiapan dalam kehidupan bermasyarakat. 
5. Fungsi pemilihan (the selective function)
Maksudnya memilih diantara perbedaan dengan seleksi merupakan dua hal yang erat sekali hubungannya. Pengakuan atas keperbedaan berarti pula diberikannya kesempatan bagi seseorang untuk memilih apa yang diinginkannya dan menarik minatnya.
6. Fungsi diagnostik (the diagnostic function)
Membantu dan mengarahkan para siswa agar mereka mampu memahami dan menerma dirinya sehingga dapat mengembangkan semua potensi yang dimilikinya. 
C. PEDOMAN PELAKSANAAN KURIKULUM
Selanjutnya dalam mengajarkan materi bidang studi, guru harus melihat pada tujuan pengajaran yang disebut instruksional, yaitu intruksional umum dan tujuan instruksional khusus.
Tujuan intruksional umum adalah tujuan yang akan dicapai melalui satu unit tujuan pembelajaran. Tujuan instruksional ini sudah tertulis pada GBPP (garis-garis besar program pengajaran) buku II kurikulum setiap sekolah.
Tujuan intruksional khusus adalah penjabaran dari tujuan intraksional umum dengan memperhatikan bagian dari satuan bahan atau sub pokok bahasan, rumusan tujuan intruksional khusus harus memenuhi persyaratan:
1. Berpusat pada siswa
2. Khusus terperinci
3. Menunjukan tingkah laku
4. Dapat diukur
Disamping perencanaan yang merupakan tujuan pendidikan dan susunan bahan pelajaran, pemerintah pusat mengeluarkan pedoman-pedoman umum yang harus diikuti oleh sekolah untuk menyusun perencanaan yang sifatnya operasional di sekolah, pedoman-pedoman tersebut antara lain:
1. Struktur program
Struktur program adalah susunan bidang pelajaran yang harus dijadikan pedoman pelaksanaan  kurikulum di suatu jenis dan jenjang sekolah.
a. Jenis-jenis program pendidikan
b. Bidang studi untuk masing-masing jenis program
c. Satuan waktu pelaksanaan (di SD semester di SMP semesteran)
d. Alokasi waktu untuk tiap bidang studi tiap satuan waktu pelaksanaan
e. Jumlah jam pelajaran per minggu
2. Penyusunan jadwal pelajaran
Jadwal pelajaran adalah urutan mata pelajaran sebagai pedoman yang harus diikuti dalam pelaksanaan pemberian pelajaran. Inti dari pendidikan di sekolah adalah pelaksanaan belajar mengajar di kelas. Dengan demikian maka penjadwalan merupakan hal yang sangat penting.
3. Penyusunan kalender pendidikan
Menyususn rencana kerja sekolah untuk kegiatan selama satu tahun merupakan bagian manajemen kurikulum terpenting yang harus sudah tersusun sebelum ajaran baru. Tujuan penyusunan kalender akademik adalah agar penggunaan waktu selama satu tahun terbagi secara merata dan sebaik-baiknya dari peningkatan mutu pendidikan.
4. Pembagian tugas guru
Prinsisp manajemen yang sering dikehendaki dilaksanakan di Indonesia adalah “bottom up policy” bukan “top down policy” yaitu menampung pendapat bawahan sebelum pimpinan memutuskan suatu kebijaksanaan, atau keputusan didasarkan atas musyawarah bersama. Oleh karena itu dalam mengadakan pembagian tugas guru, kepala sekolah tidak boleh “main perintah dan main tunjuk” tetapi dibicarakan dalam rapat meja guru sebelum tahun ajaran dimulai.
5. Peraturan atau penempatan siswa dalam kelas
Pengaturan siswa menurut kelasnya sebaiknya sudah dilakukan bersama waktu dengan pendaftaran ulang siswa tersebut. Hal ini akan mempermudah siswa baru pada periatiwa hari pertama masuk ke sekolah. Oleh karena itu keadaan kemampuan siswa belum dikenal, maka yang dipakai untuk petimbangan penempatan ke kelas antara lain; jenis kelamin, asal sekolah, dan (jika mungkin) latar belakang orang tua atau wali.
6. Penyususnan rencana mengajar
Penyususnan rencana mengajar dilakukan melalui dua tahap:
a. Tahap penyusuanan rencana terurai
Yaitu pembuatan program garis besar tetapi terperinci mengenai penyajian bahan pelajaran selama satu tahun.
b. Tahap penyusunaan satuan pelajaran
Dalam kurikulum 1975 disebutkan bahwa sebelum mengajar guru harus membuat rencana mengajar dalam bentuk satuan pelajaran (yang sering disebut satpel). Penyususnan satpel sebaiknya dilakukan sekaligus selesai sebelum mengajar.
D. SEGI MANAJEMEN DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM
Pelaksanaan kurikulum adalah pelaksanaan mengajar di kelas yang berkali-kali telah disebut merupakan inti dari kegiatan pendidikan disekolah. Oleh karena itu secara manajemen, selama guru berada dalam kelas terbagi menjadi 3 tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan pelajaran dan tahap penutup.
E. SEGI MANAJEMEN DALAM PENGAWASAN ATAU PENILAIAN
Penyelenggaraan evaluasi hasil belajar dalam satu semester terbagi menjadi dua yaitu: evalusi formatif dan evaluasi sumatik. Kedua jenis evaluasi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui keberhasilan guru dalam mengajar dilihat dari hasil atau prestasi yang dikuasai oleh siswa.
1. Evaluasi formatif
Yaitu evaluasi atau penilaian yang dilakukan setelah satu pokok bahasan selesai dipelajari oleh siswa. Evaluasi formatif terutama dimaksudkan untuk memberikan umpan balik kepada guru mengenai keberhasilan proses belajar mengajar.
2. Evaluasi sumatif
Yaitu test yang diselenggarakan oleh guru setelah menempuh satu jangka waktu tertentu.
F. CARA MENGOLAH HASIL EVALUASI
Dalam kurikulum 1975 buku III pedoman penilaian ditentukan cara pengambilan nilai akhir setelah guru memiliki beberapa nilai tes formatif dan satu tes sumatif. Rumusnya adalah:
          (f1+f2+…….fn)  +S 
NA=              n
            2
NA : nilai akhir
: nilai tes formatif
: nilai tes sumatif
Nilai akhir yang diperoleh ini sudah merupakan nilai “siap” untuk dimasukan dalam rapor setelah melalui legger kelas dan legger sekolah.
G. PERKEMBANGAN KURIKULUM
Kurikulum mulai 1975 diganti dengan kurikulum 1984 kemudian diganti dengan kurikulum 1994. Kemudian pada tahun 2004 diganti lagi menjadi KBK C kurikulum berbasis kompetensi dan tahun 2007 dilaksanakan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan).
H. KURIKULUM MUATAN LOKAL
Struktur dan organisasi kurikulum muatan lokal
Kurikulum  Muatan Lokal dilandasi PP No. 28 Tahun 1990 pasal 14 ayat 3 dan selanjutnya yang dijabarkan dalam keputusan Mendikbud No. 060/U1993 tentang kurikulum muatan lokal Pendidikan Dasar memiliki alokasi waktu tersendiri. Alokasi waktu dari kelas 1 SD sampai dengan kleas III SLTP, terlihat pada susunan program penyajian Pendidikan Dasar berikut:
a. Pengertian lokal
Pengertian lokal yang dimaksud, tidak hanya dibatasi oleh wilayah tertentu, tetapi lebih banyak bergantung dari kebutuhan apa yang dirasakan demi pendidikan siswa sekolah dasar. Jadi makna lokal, jangan diartikan terlalu sempit, lokal ditunjukan oleh lingkup wilayah tempat sesuatu bahan kajian dapat diberlakukan.
b. Pengertian kurikulum nasional
Kurikulum ini disusun oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan di tingkat Pusat. Kurikulum ini isi dan bahan pelajaran pada kurikulum ini ditetapkan secara nasional dan wajib dipelajari oleh siswa diseluruh Indonesia, dan sekolah Indonesia yang berada di perwakilan Indonesia di Negara sahabat (luar negeri).
c. Pengertian kurikulum muatan lokal
Menurut Soewardi (1980) muatan lokal pada intinya adalah materi pelajaran dan pengenalan berbagai hal yang memperhatikan ciri khas daerah tertentu yang bukan saja terdiri atas berbagai ketrampilan dan kerajinan tradisional, tetapai juga berbagai kebudayaan daerah seperti bahasa daerah, tulisan daerah, dan adat istiadat.
d. Rasional Kurikulum Muatan Lokal
Di dalam setiap GBHN, misalnya dalam GBHN tahun 1988 tentang pembangunan bidang pendidikan disebut: 
“Yang ingin dibangun adalah manusia dan masyarakat Indonesia, sehingga pembagunan harus berkepribadian Indonesia dan menghasilkan manusia dan masyarakat maju yang tepat berkepribadian Indonesia pula”
UUSPN disebutkan tujuan pendidikan (yang tidak lain adalah tujuan pembangunan SDM) sebagai berikut:
“Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tangung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.”
Menurut pendapat para ahli ilmu Jawa, keseluruhan pribadi manusia terbentuk bagian-bagian atau aspek-aspek secara garis besar terdiri dari:
1) Aspek hubungan dengan Sang Pencipta (Ketuhanan)
2) Aspek keindahan atau estetika
3) Aspek kesusilaan atau etika
4) Aspek kesosialan atau kemasyarakatan
5) Aspek kecerdasan atau intelektual
6) Aspek jasmani
Model konsep kurikulum yang menggambarkan rasional sehubungan dengan penerapan muatan lokal dalam kurikulum Sekolah Dasar:
1) Model konsep kurikulum transformasi yang dikemukakan oleh John P. Miller dan Wayn Seller (1985). Model konsep kurikulum ini menekankan tentang perubahan sosial dan personal yang ada pada diri anak yang bersifat pluralistik dan holistik.
2) Model konsep kurikulum rekonstruksi sosial bersumber pada aliran pendidikan interaksional yang dipelopori oleh Harold Ruq pada tahun 1920, dan Theodore lebih memusatkan perhatian pada masalah dan problem yang ada ditengah-tengah masyarakat. Tujuannnya agar mengikuti perkembanagn dan pembaharuan yang ada di masyarakat.
e. Ruang Lingkup Kurikulum Lokal
Ruang lingkup kurikulum muatan lokal sebagai berikut:
1) Lingkup isi muatan lokal didasarkan pada keadaan daerah, kebutuhan lingkungan dan kebutuhan siswa akan belajar.
2) Lingkup sekolah
3) Lingkup wilayah
f. Fungsi Kurikulum Muatan Lokal
Secara umum fungsi kurikulum muatan lokal antara lain:
1) Mengelola lingkungan alam serta bertanggung jawab, melestarikan nilai-nilai mengembangkan kebudayaan daerah serta meningkatkan mutu pendidikan dan jati diri manusia Indonesia dalam upaya mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
2) Menumbuhkan dan mengembangkan sikap senang bekerja, bergaul, memelihara, dan meningkatkan cita rasa keindahan, kebersihan, kesehatan, serta ketertiban, dalam upaya meningkatkan mutu kehidupan sebagai pribadi, anggota masyarakat dan warga Negara yang bertanggung jawab.
g. Tujuan Pengajaran Muatan Lokal
Secara umum tujuan pengajaran muatan lokal adalah untuk memberikan bekal pengetahuan, ketrampilan, pembentukan sikap, dan prilaku siswa. Secara khusus pengajaran muatan lokal bertujuan agar anak:
1) Lebih mengenal kondisi alam lingkungan sosial dan lingkungan budaya yang terdapat didaerahnya.
2) Dapat menerapkan kamampuan dan ketrampilan yang dipelajarinya untuk memecahkan masalah yang ditemukan disekitarnya.
3) Memiliki ketrampilan khusus sehingga dapat menolong dirinya sndiri dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk hal ini tentu saja disesuaikan dengan usia anak. Bagi anak kecil, membersihkan alat-alat rumah tangga juga termasuk membantu orang tua.
4) Dapat memanfaatkan sumber belajar didaerah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
5) Memiliki sikap dan perilaku yang selaras dengan niali-nilai aturan yang berlaku didaerahnya serta dilestarikan dan mengembangkan nilai-nilai luhur budaya setempat dalam rangka menunjang pembangunan nasional.
h. Format Kurikulum Muatan Lokal
Sesuai dengan tujuan penyajian GBPP bahwa guru diberikan kesempatan untuk berkreasi mengimbangkan sendiri materi yang disediakan untuk dijadikan rencana pengajaran.
I. KRITERIA PEMILIHAN MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL YANG AKAN DIKEMBANGKAN.
Pemilihan atau penentuan jenis mata pelajaran muatan lokal sebaiknya mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:
1) Minat siswa
2) Tersedianya tenaga pengajar
3) Sarana pendukung yang berwujud bahan, peralatan, biaya dan fasilitas lain yang dapat mempermudah pelaksanaan kurikulum muatan lokal
4) Dunia kerja
5) Tokoh masyarakat
6) Tenaga potensial


BAB III
PENUTUP
Manajemen kurikulum adalah segenap proses usaha bersama untuk memperlancar tercapainya tujuan pengajaran dengan titik berat pada usaha, meningkatkan kualitas interaksi belajar mengajar.
Dalam manajemen kurikulum ini diperlukan pedoman-pedoman kurikulum, manajemen dalam pelaksanaan kurikulum, dan menejemen pengawasan. Namun tidak dipungkiri juga bahwa kurikulum di Negara ini sudah banyak mengalami perubahan. Maka agar kurikulum berjalan dengan lancar diperlukan manajemen yang konsisten dan berkomitmen dalam hal ini.


DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana.  2008. Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media. 
Hamalik, Oemar. 1990. Pengembangan Kurikulum (dasar-dasar dan pengembangannya). Bandung: Mandar Maju.
Muhaimin, 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam(dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, kurikulum hingga strategi Pembelajaran).  Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Undang-Undang  No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
Yamin, Moh.. 2009. Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar