Jumat, 16 Maret 2012

Sisdiknas no 20 tahun 2003 tentang kurikulum

BAB I
PENDAHULUAN
Kurikulum sebagai sebuah rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam seluruh aspek pendidikan. Mengingat pentingnya peranan kurikulum di dalam pendidikan dan dalam perkembangan kehidupan manusia, maka dalam penyususnan kurikulum tidak bisa dilakukan tanpa mengunakan landasan yang kokoh.
Landasan pengembangan kurikulum tidak hanya doperlukan bagi para penyusun kurikulum atua kurikulum tertulis yang sering disebut juga sebagai kurikulum ideal, akan tetapi terutama harus dipahami dan dijadikan dasar pertimbangan oleh para pelaksana kurikulm yaitu para pengawas pendidikan dan para guru serta pihak-pihak lain yang terkait dengan tugas-tugas pengelolaan pendidikan, sebagi bahan untuk dijadikan instrument dalam melakukan pembinaan terhadap implementasi kurikulum disetiap jenjang pendidikan. Penyususnan dan pengembangan kurikulum tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Dibutuhkan berbagai landasan yang kuat agar mampu dijadikan dasar pijakan dalam melakukan proses penyelengaraan pendidikan, sehingga dapat memfasilitasi tercapainya sasran pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien.


BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Kurikulum
Dool (1993) memperkuat pendapatnya tentang kurikulum yang ada sekarang dengan mengatakan:
Education and curriculum have borrowed some concepts from the stable, nonechange concept – for example, children following the pattern of their parents, IQ as discovering and quantifying an innate potentiality. However, for the most part modernist curriculum thought have adopted the closed version, one where – trough focusing – knowledge is transmitted, transferred. This is, I believe, what our best contemporary schooling is all about. Transmission frames our teaching-learning process”.
Dengan transfer dan transmisi maka kurikulum menjadi suatu fokus pendidikan yang ingin mengembangkan pada diri peserta didik apa yang sudah terjadi dan berkembang di masyarakat. Kurikulum tidak menempatkan peserta didik sebagai subjek yang mempersiapkan dirinya bagi kehidupan masa datang tetapi harus mengikuti berbagai hal yang dianggap berguna berdasarkan apa yang dialami oleh orang tua mereka. 
Dalam konteks ini maka disiplin ilmu memiliki posisi sentral yang menonjol dalam kurikulum. Kurikulum, dan pendidikan, haruslah mentransfer berbagai disiplin ilmu sehingga peserta didik menjadi warga masyarakat yang dihormati. 
Sehubungan dengan banyaknya definisi tentang kurikulum, dalam implementasi kurikulum kiranya perlu melihat definisi kurikulum yang tercantum dalam Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat (19) yang berbununyi: kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Lebih lanjut pada pasal 36 ayat (3) disebutkan bahwa kurikulum disusun sesuai dengan jenjang dan jenis pendidikan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan memperhatikan: 
1.peningkatan iman dan takwa; 
2.peningkatan akhlak mulia; 
3.peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat peserta didik; 
4.keragaman potensi daerah dan lingkungan; 
5.tuntutan pembangunan daerah dan nasional; 
6.tuntutan dunia kerja; 
7.perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni; 
8.agama; 
9.dinamika perkembangan global; dan 
10.persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan 
Pasal ini jelas menunjukkan berbagai aspek pengembangan kepribadian peserta didik yang menyeluruh dan pengembangan pembangunan masyarakat dan bangsa, ilmu, kehidupan agama, ekonomi, budaya, seni, teknologi dan tantangan kehidupan global. Artinya, kurikulum haruslah memperhatikan permasalahan ini dengan serius dan menjawab permasalahan ini dengan menyesuaikan diri pada kualitas manusia yang diharapkan dihasilkan pada setiap jenjang pendidikan.
B. Landasan Pengembangan Kurikulum
Kurikulum disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dengan memperhatikan tahap perkembangan peserta didik dan kesesuaianya dengan lingkungan, kebutuhan pembangunan nasional, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kesenian sesuai dengan jenis dan jenjang masing-masing satuan pendidikan. Berdasarkan konsep dan ketentuan Pancasila dan Undang-Undang Dsar 1945 kurikulum berlandaskan factor-faktor sebagai berikut;
1. Tujuan filsafat dan pendidikan nasional yang dijadikan sebagai dasar untuk merumuskan tujuan institusional yang menjadi landasan dalam merumuskan tujuan kurikulum suatu satuan pendidikan.
2. Sosial budaya dan agama yang berlaku dalam masyarakat kita.
3. Perkembangan peserta didik yang menunjuk pada karateristik perkembangan peserta didik.
4. Keadaan lingkungan yang dalam arti luas meliputi lingkungan manusiawi, kebudayaan/ iptek, lingkungan hidup, serta lingkungan alam.
5. Kebutuhan pembangunan yang mencakup kebutuhan pembangunan dibidang ekonomi, kesejahteraan rakyat, hokum, hankam, dll.
6. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan sistem nilai dan kemanusiaan serta budaya bangsa.
Keenam factor tersebut saling kait mengait antara satu dengan yang lainnya.
C. Komponen-Komponen Pengembangan Kurikulum
Kurikulum sebagai suatu system keseluruhan memiliki komponen-komponen yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya, yakni tujuan, materi, organisasi dan evaluasi. Komponen-komponen tersebut baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sam menjadi dasar utama dalam kurikulum upaya mengembangkan system pembelajaran. Dibawah ini jelaskan satu persatu tentang komponen kurikulum:
1. Tujuan kurikulum
Tujuan kurikulum tiap satuan pendidikan harus mengacu pada pencapaian tujuan pendidikan Nasional. Kurikulum merupakan suatu alat pendidikan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. Kurikulum menyediakan kesempatan yang luas bagi peserta didik untuk mengalami proses pendidikan dan pembelajaran untuk mencapai target tujan nasional khususnya dan sumber daya manusia yang berkualitas umumnya. Tujuan ini dikategorikan sebagi tujuan umum kurikulum.
2. Materi kurikulum
Materi kurikulum pada hakikatnya adalah isis kurikulum. Dalam Undang-Undang Pendidikan Nasional telah ditetapkan bahwa isis kurikulum merupakan bahan kajian dan pelajaran untuk mencapai tujuan penyelenggaraan satuan pendidika nasional. Materi kurikulum mengandung aspek-aspek tertentu sesuai dengan tujuan kurikulum yang meliputi : teori, konsep, generalisasi, prinsip, prosedur, fakta, istilah, ilustrasi, definisi dan preposisi.
Dalam pasal 37 ayat 1 dijelaskan Kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat:
a. pendidikan agama;
b. pendidikan kewarganegaraan;
c. bahasa;
d. matematika;
e. ilmu pengetahuan alam;
f. ilmu pengetahuan sosial;
g. seni dan budaya;
h. pendidikan jasmani dan olahraga;
i. keterampilan/kejuruan; dan
j. muatan lokal.
Dalam pasal 37 ayat 2 dijelaskan bahwa Kurikulum pendidikan tinggi wajib memuat:
a. pendidikan agama;
b. pendidikan kewarganegaraan; dan
c. bahasa
3. Metode
Metode adalah yang digunakan untuk penyampaian materi pelajaran dalam uapaya mencapai tujuan kurikulum. Suatu metode mengandung pegertian terlaksananya kegiatan guru dan kegiatan siswa dalam proses pembelajaran. Metode dilaksankan melaui prosedur tertentu. Keaktifan siswa dalam belajar menjadi sorotan utama dibandingkan siswa menjadi fasilitator, karean itu istilah metode lebih menekankan pada kegiatan guru yang selanjutnya diganti dengan strategi pembelajaran yang menekankan pada kegitan siswa. Dalam hal metode ada tiga alternative pendekatan yang dapat digunakan, yakni; pendekatan yang berpusat pada pelajaran, siswa dan pendekatan yang berorientasi pada kehidupan masyarakat.
4. Organisasi Kurikulum
Organisai kurikulum terdiri dari beberapa bentuk yang masing-masing memiliki cirri-cirinya tersendiri, yaitu: mata pelajaran tepisah-pisah, mata pelajaran, yang berkorelasi, bidang studi, program yang berpusat pada anak, program pusat, elektrik program (program yang mencarai keseimbangan antara organisasi kurikulum yang berpusat pada mata pelajaran dan yang berpust pada peserta didik).
5. Evaluasi
Evaluasi merupakan kurikulum karena kurikulum adalah pedoman penyelenggaraan kegitan belajar mengajar. Dengan evaluasi dapat diperoleh imformasi yang akurat tentang penyelenggaraan pembelajaran dan keberhasilan siswa. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh suatu instrument penilaian ialah validitas, reliabilitas, objektivitas, kepraktisan, pembedaan, dll.
D. Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum
Pengembangkan kurikulum berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut: prinsip berorientasi pada tujuan, prinsip relevasnsi, prinsip efisiensi dan efektivitas, fleksibilitas, berkesinambungan, keseimbangan, keterpaduan, dan mutu.


BAB III
PENUTUP
kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pembahasan kurikulum ternyata membahas berbagai aspek pengembangan kepribadian peserta didik yang menyeluruh dan pengembangan pembangunan masyarakat dan bangsa, ilmu, kehidupan agama, ekonomi, budaya, seni, teknologi dan tantangan kehidupan global.


DAFTAR PUSTAKA
Sisdiknas.pdf hal. 2
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), hlm19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar