Sabtu, 17 Maret 2012

resensi buku antropologi

RESENSI BAB KEPRIBADIAN

Judul Buku :  Pengantar Ilmu Antropologi
Penulis :  Koentjaraningrat
Penerbit :  Rineka Cipta
Tahun Terbit :  2000
Tebal buku :  390 hal


Buku ini dalam bab “Kepribadian” menjelaskan secara jelas tentang pengertian kepribadian, unsur-unsur kepribadian, dan warna dari unsur-unsur kepribadian tersebut.
Para ahli biologi, anatomi, fiosiologi, patologi, dan para dokter mempelajari secara intensif organisme manusia hingga ke detail sekecil-kecilnya. Mereka belum banyak mengetahui tentang pola-pola kelakuan manusia. Tentu saja pola-pola ini setiap ras manusia berbeda-beda hal ini dikarenakan berbedaan ini tidak hanya timbul dari dan ditentukan oleh sistem organik biologi tapi sangat dipengaruhi dan ditentukan oleh akal dan jiwanya. Bisa dibilang pola prilaku setiap manusia itu unik. Pola prilaku disini yang dimaksud adalah kelakuan manusia yang ditentukan oleh naluri, reflek-reflek, atau kelakuan manusia yang tidak lagi dipengaruhi dan ditentukan oleh akalnya dan jiwanya, yaitu prilaku yang membabi-buta.
Kepribadian adalah susunan unsur-unsur akal dan jiwa yang menentukan perbedaan tingkah laku atau tindakan dari tiap-tiap individu manusia. Bisa juga diartikan ciri-ciri watak seorang individu yang konsisten, yang memberikan kepadanya suatu identitas sebagai individu khusus.
Unsur-unsur kepribadian antara lain pengetahuan, perasaan dan dorongan naluri. Pengetahuan merupakan unsur-unsur yang mengisi akal dan alam jiwa seorang manusia yang sadar, secara nyata terkandung dalam otaknya. Pengetahuan ini didapat dari panca indera kemudian diolah di otak menjadi suatu susunan yang diproyeksikan oleh manusia menjadi suatu gambaran. Seluruh proses akal manusia yang sadar ini dalam ilmu psikologi disebut persepsi. Pengambaran manusia ini hanya terfokus pada sesuatu yang khusus saja yang timbul sebagai kenangan, bila muncul lagi maka ini disebut apresepsi. Apresepsi ini apabila diproyeksikan lebih intensif lagi disebut pengamatan. Apabila pengambaran tadi dibanding-bandingkan atau digabungkan berdasarkan azas-azas tertentu secara konsisten disebut konsep. Gambaran tadi apabila menjadi gambaran yang baru sama sekali dan tidak ada dalam kenyataan disebut dengan fantasi. Tentunya gamabaran-gambaran yang diperoleh manusia tidak sepenuhnya hilang namun tertimbun di alam bawah sadar.
Perasaan merupakan apresepsi yang menggambarkan reaksi yang ditimbulkan dalam kesadarannya. Dengan kata lain perasaan adalah suatu keadaan dalam kesadaran manusia yang karena pengaruh pengetahuannya dinilainya sebagai keadaan positif dan negatif. Suatu perasaan yang selalu bersifat subyektif karena adanya unsur penilaian tadi, biasanya menimbulkan suatu kehendak dalam kesadaran seorang individu. Perasaan yang paling keras disebut emosi.
Dorongan naluri merupakan kemauan yang sudah merupakan naluri pada tiap makhluk manusia. Manusia mempunyai berbagai macam dorongan naluri antara lain: dorongan untuk mempertahankan hidup, dorongan sex, dorongan untuk usaha mencari makan, dorongan untuk bergaul dan berinteraksi dengan sesama manusia, dorongan untuk meniru tingkah laku sesamanya, dorongan ntuk berbakti dan dorongan akan keindahan, dalam arti keindahan bentuk, warna, suara atau gerak.
Materi dari unsur-unsur kepribadian ada tiga yaitu pertama, aneka warna kebutuhan organik diri sendiri, aneka warna kebutuhan serta dorongan psikologi diri sendiri, dan aneka warna kebutuhan serta dorongan organik maupun psikologi sesama manusia yang lain daripada diri sendiri. Kedua, aneka warna hal yang bersangkutan dengan kesadaran individu akan identitas diri sendiri. Ketiga, berbagai macam cara untuk memenuhi, memperkuat, berhubungan, mendapatkan atau mempergunakan, aneka warna kebutuhan tersebut seingga tercapai keadaan memuaskan dalam kesadaran individu bersangkutan. 
Aneka warna kepribadian individu merupakaan aneka warna materi yang menjadi isi dan sasaran dari pengetahuan, perasaan, kehendak serta keinginaan kepribadian serta perbedaan kualitas hubungan antara berbagai unsur kepribadian dalam kesadaran individu, menyebabkan adanya berbagai macam struktur kepribadian pada setiap manusia yang hidup dimuka bumi, dan menyebabkan bahwa kepribadian tiap individu itu unik berbeda dengan kepribadian individu lainnya.
Ilmu antropologi mempelajari seluruh pengetahuan, gagasan dan konsep yang umum hidup dalam mayarakat; artinya pengetahuan, gagasan dan konsep yang dianut oleh sebagian besar warga sesuatu masyarakat, yang biasanya disebut “adat-istiadat”. Ilmu itu juga mempelajari tingkah laku yang menjadi pola bagi sebagian besar warga suatu masyarakat yang diatur oleh adat-istiadat. Seluruh kompleks tingkah laku umum berwujud pola-pola tindakan yang saling berkaitan satu dengan yang lain disebut sistem sosial. Ilmu ini juga mempelajari kepribadian yang ada pada sebagian besar warga suatu masyarakat.
Kepribadian dasar atau basic personality structure berarti semua unsur kepribadian yang dimiliki bersama oleh suatu bagian besar dari warga seluruh masyarakat. Metodologi untuk mengumpulkan data mengenai kepribadian bangsa adalah dengan mengumpulkan suatu sampel dari individu-individu warga masyarakat yang menjadi obyek penelitian, kemudian tiap-tiap individu dalam sampel itu diteliti kepribadiannya dengan test psikologi. Hasilnya suatu daftar ciri-ciri watak yang secara statistik ada pada suatu presentase yang besar dari individu-individu dalam sampel tadi.
Pendekatan dalam penelitian kepribadian dari suatu kebudayaan juga dilaksanakan dengan metode lain yang berdasarkan suatu pendirian dalam ilmu psikologi bahwa ciri-ciri dan unsur watak seorang individu dewasa sebenarnya sudah diletakkan benih-benihnya ke dalam jiwa seorang individu sejak sangat awal, yaitu pada waktu ia masih anak-anak. Para ahli antropologi berpendirian bahwa dengan mempelajari adat-istiadat pengasuhan anak yang khas itu akan dapat diduga adanya berbagai unsur kepribadian yang merupakan akibat dari pengalaman-pengalaman sejak masa anak-anak pada sebagian besar warga masyarakat yang bersangkutan.
Kebudayaan Timur dan Barat sangat berbeda apalagi dengan letak geografi dan pola hidup masyarakat disana. Kedua kebudayaan ini banyak sekali yang bertentangan, misalnya dalam kebudayaan Timur ada gotong royong namun di kebudayaan Barat sendiri lebih ke individualisme. Adapun kontras kolektivisme-individualisme Timur-Barat merupakan kontras mengenai orientasi nilai budaya manusia, dan dapat dikaitkan dengan konsep tentang kepribadian Timur-Barat yang pernah dikembangkan sarjana Amerika.
Dalam psiko-sosiogram manusia titik paling luar dalam diri manusia dunia luar, kemudian didalamnya ada ruang lingkungan hubungan jauh, lalu ada lingkup/ruang didalamnya yaitu ruang lingkungan hubungan berguna. Kemudian ada ruang lebih kecil lagi didalamnya yaitu ruang lingkungan hubungan karib, kemudian didalamnya ada ruang lagi yaitu ruang kesadaran yang dinyatakan. Lalu ada ruang lagi di dalamnya yaitu ruang kesadaran yang tak dinyatakan. Kemudian ada ruang kecil lagi didalamnya yaitu ruang subsadar dan ruang paling kecil di dalamnya adalah ruang tak sadar. Pada psiko-sosiogram pada batas lingkungan hubungan karib dan kesadaran yang tak dinyatakan inilah yang disebut dengan kepribadian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar